-->

Friday, February 23, 2018

Inilah 5 Tokoh Teater Dunia yang Melegenda

ARUNGSENI - Terater merupakan salah satu bidang seni yang samoai saat ini masih cukup digemari, termasuk di kalangan generasi muda. Teater merupakan salah satu jenis kesenian berupa pertunjukan drama yang dipentaskan di atas panggung.

Secara spesifik, seni teater adalah sebuah seni drama yang menampilkan perilaku manusia dengan gerak, tari, dan nyanyian yang disajikan lengkap dengan dialog dan akting para pemainnya. Adapun istilah teater berasal dari bahasa Yunani yakni theatron, yang artinya tempat atau gedung pertunjukan.

Dalam perkembangannya, teater di dunia melahirkan beberapa tokoh yang sangat berpengaruh. Tokoh-tokoh tersebut antara lain:

1. William Shakespeare

Daftar Tokoh Teater Dunia yang Wajib Kamu Ketahui
William Shakespeare (1564-1616). FOTO/IST

 William Shakespeare (1564-1616) lahir di Stratford-upon-Avon, Inggris, pada 26 April 1564 (dibaptis) - 23 April 1616), sebagai putra John Shakspeare dan Mary Arden. Orangtuanya cukup kaya ketika ia lahir dan memiliki bisnis pembuatan sarung tangan. Namun kemudian ia menjadi agak miskin setelah menjual wol secara ilegal.  Aktivitas bisnis ayahnya tidak diikuti Shakespeare

Pada masa itu, sekolah umum baru dimulai di Inggris. Sebelumnya, hampir semua anak tidak tahu cara membaca dan menulis. Mereka hanya belajar suatu keterampilan atau bertani.

Shakespeare pun disekolahkan di salah satu sekolah umum yang baru ada di Inggris itu. Di sekolah, Shakespear belajar bahasa Latin, yang ketika itu merupakan bahasa semua kaum terpelajar, tidak peduli dari negara mana mereka berasal. Dari berbagai belahan dunia, London ke Lisbon, Aleksandria ke Konstantinopel, dari Tunis ke Yerusalem, semua orang terpelajar berbicara Latin dan bahasa ibu mereka. Bahkan semua dokumen penting, baik dokumen negara, gereja, atau perdagangan, ditulis menggunakan Latin.

Dalam masa-masa itu pula, Shakespeare juga mempelajari karya-karya para penulis dan filosofer dari Yunani Kuno dan Romawi. Sekitar 1452, lebih dari 100 tahun berlalu sejak Johannes Gutenberg memperkenalkan percetakan ke Eropa, Shakespeare dan orang Inggris lain yang dapat membaca ─dan mampu membeli─ buku-buku, mereka menjadi akrab dengan kisah-kisah dari berbagai tempat seperti Italia, Perancis, Asia Minor, dan Afrika Utara. Beberapa kisah-kisah inilah yang kemudian menjadi dasar lahirnya cerita-cerita terbesar Shakespeare.

Beberapa kisah-kisah yang dibaca dan mempengaruhinya antara lain, The Golden Ass karya Apuleius, sebuah kisah kuno dari Afrika Utara, kemungkinan merupakan kisah yang menginspirasikan Impian di Tengah Musim. Shakespeare kemungkinan juga meminjam cerita untuk Romeo dan Juliet dari seorang penulis Inggris lain, yang mendapatkannya dari seorang penulis Perancis, yang menerjemahkannya dari kisah abad ke-16 oleh Luigi da Porta dari Italia yang bersumpah bahwa cerita tersebut adalah berdasarkan cerita nyata.

Shakespear merupakan seorang penulis Inggris yang seringkali disebut orang sebagai salah satu sastrawan terbesar Inggris, bahkan di dunia.

Dalam perjalanan hidupnya, Shakespeare telah menulis sekitar 38 sandiwara tragedi, komedi, sejarah, dan 154 sonata, 2 puisi naratif, dan puisi-puisi yang lain.

Karya-karyanya itu di tulisnya antara tahun 1585 dan 1613. Selain itu, karyanya juga telah diterjemahkan ke hampir semua bahasa yang hidup di dunia dan dipentaskan di panggung jauh lebih banyak di banding semua penulis sandiwara yang lain.

2. Anton Pavlovich Chekhov

Daftar Tokoh Teater Dunia yang Wajib Kamu Ketahui
Anton Chekhov (1860-1904). FOTO/IST
Anton Pavlovich Chekhov (29 Januari 1860 – 15 Juli 1904) (Kalender Julian: 17 Januari 1860 – 2 Juli 1904) adalah seorang penulis besar Rusia yang terkenal terutama karena cerpen-cerpen dan dramanya.

Chekhov memang lebih dikenal di Rusia modern dengan ratusan cerpennya. Bahkan banyak di antara karya-karya cerpennya dianggap merupakan adikarya. 

Sementara dramanya, meskipun hanya sedikit -dan hanya empat yang dianggap besar- mempunyai pengaruh yang besar dalam literatur dan pertunjukan drama, khususnya terhadap drama abad ke-20.

Dari Chekhov, banyak pengarang drama kontemporer belajar bagaimana memanfaatkan suasana hati, hal-hal yang kelihatannya tidak berarti dan inaksi (berdiam diri) untuk menyoroti psikologi batin para tokohnya.

Keempat drama utama Chekhov - Burung Camar, Paman Vanya, Tiga Saudari, dan Kebun Ceri—seringkali ditampilkan kembali dalam pementasan-pementasan modern.

Anton Chekhov memang merupakan seorang penulis dan dramawan Rusia yang luar biasa produktif. Dalam karya-karyanya, Chekhov menjelajahi banyak tema, antara lain kemiskinan, tragedi, birokrasi, serta kehidupan sehari-hari budak dan petani Rusia.

Namanyanya memang tidak begitu dikenal di luar Rusia sampai setelah Perang Dunia I. Namun setelah itu, hingga kini drama-drama Anton Chekhov banyak dipentaskan di seluruh dunia oleh berbagai kelompok teater.

3. Jean-Paul Sartre

Daftar Tokoh Teater Dunia yang Wajib Kamu Ketahui
Jean-Paul Sartre, (1905-1980). FOTO/IST
Jean-Paul Sartre lahir di Paris, Perancis, 21 Juni 1905 – meninggal di Paris, 15 April 1980 pada umur 74 tahun adalah seorang filsuf dan penulis Perancis. Sartre menikah dengan seorang filsuf wanita bernama Simone de Beauvoir.

Sartrelah yang dianggap mengembangkan aliran eksistensialisme. Sartre membuat pernyataan, eksistensi lebih dulu ada dibanding esensi (L'existence précède l'essence). Artinya, manusia akan memiliki esensi jika ia telah eksis terlebih dahulu dan esensinya itu akan muncul ketika manusia mati. Dengan kata lain, manusia tidak memiliki apa-apa saat dilahirkan dan selama hidupnya ia tidak lebih hasil kalkulasi dari komitmen-komitmennya pada masa lalu. Karena itu, menurut Sartre selanjutnya, satu-satunya landasan nilai adalah kebebasan manusia (L'homme est condamné à être libre).

Pemikiran Sartre dianggap berasal dari gagasan filsuf Edmund Husserl tentang kesadaran, kebebasan dan eksistensialisme Heidegger. Meski demikian eksistensialisme Sartre adalah orisinil. Popularitas kepengarangnya mencapai klimaks di tahun 1940an. Dalam perkembangannya, tulisan teoretis, novel dan drama Sartre merupakan salah satu sumber inspirasi utama sastra modern.

Sartre kemudian mendapatkan Hadiah Nobel Sastra Pada tahun 1964. Meski demikian, Jean-Paul Sartre menolak pemberian Nobel Sastra tersebut. Ia meninggal dunia pada 15 April 1980 di sebuah rumah sakit di Broussais (Paris). Yang cukup menghebohkan, upacara pemakaman filsuf besar ini dihadiri kurang lebih 50.000 orang.

Sartre banyak meninggalkan karya penulisan diantaranya berjudul Being and Nothingness atau Ada dan Ketiadaan.

4. Bertolt Brecht (1898-1956)

Daftar Tokoh Teater Dunia yang Wajib Kamu Ketahui
Bertolt Brecht. FOTO/IST
Berthold Brecht lahir di Augsburg, Kekaisaran Jerman, 10 Februari 1898 – meninggal di Mitte, Berlin Timur, Republik Demokratik Jerman, 14 Agustus 1956 pada umur 58 tahun. Ia merupakan seorang penyair dan penulis naskah drama yang berasal dari Jerman yang menuntut ilmu di bidang alam.

Pada saat Nazi berkuasa di Jerman, Brecht melakukan perlawanan dalam hal pemikiran untuk menentang ideologi Nazi. Akan tetapi, karena dia diawasi terus oleh Gestapo, Brech melarikan diri ke Amerika Serikat.

Pada akhir Perang Dunia II, Brecht kembali ke Jerman dan tinggal disana sampai akhir hayat hidupnya.

Bertolt Brecht dikenal sebagai seorang penyair, dramawan, dan sutradara teater berpengaruh abad ke-20 asal Jerman. Brecht membuat kontribusi sama signifikan untuk dramaturgi dan produksi teater sejak usia 2 tahun.

5. Edmond Rostand

Daftar Tokoh Teater Dunia yang Wajib Kamu Ketahui
Edmond Rostand (1868-1918). FOTO/IST
Edmond Eugène Alexis Rostand 1 April 1868 - 2 Desember 1918) lahir di Marseille, Prancis, menjadi bagian dari keluarga Provençal yang kaya dan berbudaya.

Ayahnya adalah seorang ekonom, seorang penyair yang menerjemahkan dan mengedit karya Catullus, dan juga seorang anggota Akademi Marseille dan Institut de France. Dalam perjalanannya, Rostand pun banyak belajar sastra, sejarah, dan filsafat di Collège Stanislas di Paris, Prancis.

Rostand kemudian dikenal sebagai seorang penyair dan dramawan orang Prancis. Dia suka dengan neo-romantisme dan dikenal paling baik untuk permainannya Cyrano de Bergerac. Permainan romantis Rostand dengan teater naturalistik yang populer di akhir abad ke 19. Karya Rostand lainnya, Les Romanesques, disesuaikan dengan komedi musik The Fantasticks.


6. Bernard Shaw

Daftar Tokoh Teater Dunia yang Wajib Kamu Ketahui
George Bernard Shaw (1856-1950). FOTO/IST
George Bernard Shaw lahir Dublin, 26 Juli 1856 – meninggal 2 November 1950 di Hertfordshire adalah penulis novel, esai, kritikus, politikus, dan orator Irlandia yang menetap di Inggris.

Shaw tidak pernah menggunakan nama pertamanya "George" secara pribadi atau secara profesional dan sangat tidak suka dipanggil "George". Ia lebih dikenal sebagai "Bernard Shaw" sepanjang kariernya. Nama lengkapnya pun kemudian digunakan dalam berbagai referensi sejak kematiannya.

Pada 18 Desember 1926, ia menolak hadiah uang ketika menerima Nobel Kesusasteraan (pada 1925) dan Academy Award for Writing Adapted .

Saat Shaw menerima penghargaan dalam acara Alfred Nobel, ia mengatakan sesuatu yang terbilang kontroversial, "Aku bisa memaafkan atas acara Alfred Nobel yang mematikan ini, tetapi hanya iblis berbentuk manusialah yang menerima Hadiah dari Nobel". Padahal ia yang lebih dikenal dunia sebagai seorang yang dramawan, akibat memulai karier dalam kondisi frustasi karena kemiskinan

Semasa mudanya, ia tidak pernah bersekolah di sekolah formal, melainkan lebih memilih untuk belajar di lembaga informal.

Hal yang menarik adalah tentang keluasan pengetahuannya dan kemampuannya memprediksi apa yang akan terjadi dimasa mendatang.

Sekaitan dengan kemampuannya memprediksi apa yang akan terjadi dimasa mendatang serta dilihat dari keadaan sekarang, Bernard Shaw pernah mengatakan dalam salah satu pidatonya yaitu "Jika ada agama yang bisa menaklukkan Eropa dalam masa 100 tahun ke depan, maka agama tersebut adalah Islam".

Dalam beberapa dekade setelah kematiannya, apa yang pernah dilontarkannya pada saat pidato tersebut benar terjadi. Belakangan ini Islam adalah agama yang pertumbuhanya paling pesat di Eropa. Ini mengacu terhadap Screenplay (pada 1938 untuk Pygmalion).

 Selain pernyataannya yang kontroversi saat mendapatkan Hadiah Nobel, Shaw juga membuat pernyataan kontroversi terkait Injil. Sewaktu George membaca Kitab Suci Injil dengan teliti, ia mengatakan bahwa kitab tersebut adalah "Kitab yang paling berbahaya di bumi. Jaga kitab tersebut dalam keadaan terkunci: larang anak-anak Anda membacanya." serta pada majalah The Plain Truth, sebuah terbitan "World Church of Tomorrow," dalam salah satu artikelnya mengatakan, "Banyak badan sensor akan memberi Injil rating X."


0 comment